Review Alto's Adventure - Keindahan Tanpa Batas


Alto Adventure adalah game yang dikembangkan oleh Snowman, game ini merupakan game endless runner, game ini sangatlah unik dan berbeda dari game endless runner lainnya.

Saya akui Developer Snowman berhasil membuat game yang nyaris sempurna, baik dari segi audio, music dan juga graphic dibuat sangat detail dan tidak terkesan asal jadi! walaupun gameplay pada game ini tidak sesuai dengan ekspektasi saya.

Menyelamatkan Ilama

Diawal game kalian akan disambut dengan cuplikan video pendek yang menceritakan Alto's (perternak Ilama) yang sedang mencari ilamanya yang hilang. Menjelajah pegunungan bersalju yang sangat dingin dengan papan ski berbahan dasar kayu, sepertinya setting tempat pada game ini berlangsung di pegunungan Alpen, dimana di pegunungan ini adalah rumah para ilama.


Pixel Art yang Memanjakan Mata


Alto's Adventure mengabdopsi sistem 2D, dimana pergerakan karakter kalian sangatlah sedikit, jadi kalian hanya bisa menggerakan karakter hanya 4 arah.  Walaupun menganut sistem 2 Dimensi tetapi keindahan pada game ini tidak main-main dan bisa dibilang cukup memuaskan mata kalian. tetapi bagi kita grafik pada game ini mainstream, karena hampir sama dengan game Old Man Journey, dan The End of The World yang sudah kita review.

Hal yang membuat saya kagum dengan game ini adalah visual effect pada saat pergantian waktu dari pagi-siang-senja-malam yang terus berjalan (rasanya seperti melihat timelapse) tidak hanya sebagai penghias, day-night system juga berguna sebagai penunjuk waktu pada saat bermain game! karena ada day-night system, game jadi terlihat dinamis dan realistik.

Faktor yang paling menyita penglihatan saya adalah Color Grading pada game ini, dibuat sangat indah seolah memberi kesan relax dan enjoyable pada saat bermain game ini. Overall grafik pada game ini patut di acungi jempol apalagi untuk sekelas game Mobile developer Indie yang berhasil membuat game Simple namun tetap terkesan Elegant.

Menenangkan dan Juga Menyenangkan


Jujur Alto's Adventure memiliki music dan sound yang sangat interaktif dan mengikat emosi para pemain, seolah music dan sound membawa saya ke suasana yang tenang dan sunyi. Aneh tapi nyata, game ini wajib kalian mainkan menggunakan HEADPHONE agar mendapatkan feel saat bermain game ini. 

Bagian favorit saya adalah ketika suara hujan dan gemuruh, suaranya benar-benar dibuat realistik dan tidak mengganggu konsentrasi saya saat bermain game ini, sound pada game ini memang dibuat dengan sepenuh hati dan tidak terkesan main-main, walaupun Developer Indie tetapi game ini mampu menunjukan kualitasnya, bukan hanya sekedar kuantitas dan iming-iming belaka.

Overall sound dan music berhasil dibuat dengan sempurna walaupun sound effect pada game ini masih sedikit dan harus diupgrade lagi agar lebih lengkap dan mantap. 

Kurang Interaktif


Hal yang perlu kita kritik adalah gameplay yang sangat repetitive dan kurang interaktif, alasan saya bermain Alto's Adventure karena Sound dan Graphic tidak dengan gameplay yang membosankan. Kalian hanya bisa berselancar, melompat dan melakukan backflip saja, hal inilah yang membuat game ini terkesan kurang kreatif alias kekurangan ide dalam soal gameplay. Seharusnya Developer membelikan variasi dalam hal (backflip) layaknya atraksi dan memberikan kebebasan player dalam hal kostumisasi karakter. 

Overrall gameplay yang diberikan sangat membosankan, walaupun ada berbagai karakter, upgrade boost dan quest yang bermacam-macam, tetapi sama sekali tidak menambah warna baru pada game ini. Rintangan pada game ini tidak sekejam game endless runner pendahulunya, jadi bisa kita simpulkan kalau game ini lebih mengutamakan nilai artistik dan minim stress, jadi kalian bisa bertahan lebih lama pada game ini sambil menikmati keindahan music dan graphic.

My Experience

Pengalaman saya bermain game Alto's Adventure sangatlah menyenangkan dan sangat tepat dimainkan saat lagi bersantai maupun sedang menunggu antrian, kereta bahkan saat boker kamar mandi, sound music yang chatty, graphic amazing dan gameplay yang easy sepertinya mampu menghilangkan rasa penat dan stress kalian. Saya sangat sarankan kalau kalian bermain game Alto's Adventure sebaiknya gunakan Headphone atau headset, agar lebih terasa hidup dan kalian akan mendapatkan feelnya, 

Hal yang sangat mengganggu adalah control untuk (kidal) dekat dengan PAUSE, jadi saat bermain sering banget terjadi miss click pada tombol ini, jadi sangat mengganggu. Tetapi saya sangat enjoyable bermain game Alto's Adventure ini walaupun gameplay yang repetitive tetapi graphic dan sound yang amazing mampu menutupi semua kekurangan itu.

Pas buat kalian yang suka : Endless running, ingin cari game grafik bagus dan sound yang the best
tidak cocok buat yang : tidak suka gameplay monoton.

Komentar

Postingan Populer