Review Old Man Journey - KEGALAUAN SI KAKEK


Old Man Journey - Game yang dikembangkan oleh Boken Rules, game dengan genre Adventure dan gameplay berbasis puzzle yang sangat sederhana, namun sangat unik dan berbeda dari game puzzle pendahulunya. Game ini membawa kalian keliling dunia postcard, grafik dan warna dibuat layaknya pelukis profesional sangat menawan dan menggambarkan perasaan si kakek tua.


KEGALAUAN KAKEK


Pada awal game ini, kakek menerima sepucuk surat yang diantar oleh tukang pos. Kakek pun membuka surat tersebut! betapa mengejutkan ekspresi kakek membaca surat, yang entah darimana berasal. Kakek pun bergegas dan langsung memulai perjalanannyan yang bisa dibilang sangat jauh dan melelahkan, hal ini bisa disimpulkan karena Tas Carrier yang berat dan tongkat sebagai penuntun untuk berjalan.

Sepanjang jalan kalian akan dimanjakan dengan berbagai pemandangan dan hal-hal yang interaktif seperti berbicara dengan penduduk, beristirahat sambil flashback si kakek waktu masih muda sampai tua dan inilah main story pada game ini. Berbagai cutscene dapat kalian rasakan pada game ini, jadi jangan takut cerita pada game ini sangatlah interaktif, to the point dan sangat mudah dimengerti.

Gaya penyampaian story dengan visual-naratif, jadi penyajian cerita seperti slideshow foto, tidak ada dialog sama sekali melainkan animasi dan diiringi musik, faktor ini yang membuat story immersive dan sangat menekankan emosional pemainnya. Jadi untuk mengetahui isi cerita kalian harus menggunakan pemahaman dan pandangan kalian terhadap cerita yang disajikan.

SIMPLE BUT AWSOME


Old Man Journey berhasil menyajikan dunia 3D yang dibangun dengan 2D. Bukit, awan, burung, laut, rumput dan semua element pendukung berhasil dibuat dengan sempurna walaupun grafik tidak terlihat realistis. Grafik pada game ini mengingatkan saya dengan beberapa film PIXAR, semua dunia dilukiskan dengan berbagai warna dan penuh emosi, contohnya ketika ada adegan romansa warna dunia langsung dipenuhi dengan warna pink dan hal inilah yang menjadi nilai ART pada game ini.

Musik yang berhasil bersinergi dengan warna dan setiap fenomena pada game, hal inilah yang membuar emosi saya terpancing ketika bermain game ini. Jika kalian benar-benar menghayati bermain game ini! Siap-siap merasakan sedih, pahit, bahagia bahkan miris dengan cerita pada game ini. Overall kombinasi music yang sangat bagus dan pas dengan moment pada game ini. Musik pada game ini berhasil membuat saya relax dan merasa tenang.

Sound Effect seperti suara pijakan, angin yang berhembus, hujan, air dan uniknya di game ini kalian bisa berinteraksi dengan beberapa element disetiap map, misalnya ketika saya mengklik seekor kucing lalu dia terbangun dan ketika saya membunyikan lonceng, faktor inilah yang membuat game ini terasa hidup. Jadi setiap element pada game ini memiliki perannya sendiri dan terkesan tidak asal buat/sebagai pemanis saja.

Penyampaian cerita secara Visual-naratif, jadi jangan berharap kalau ada voice actor pada game ini dan itu adalah hal yang tepat, karena cerita pada game ini sebagian besar dilahap dengan pemahaman dan perspektif kalian sendiri.


Mudah namun Membosankan



Gameplay pada game ini lebih condong kearah puzzle, jadi kalian harus memanipulasi beberapa pegunungan untuk membentuk suatu jalan, agar si kakek bisa pergi sampai ketujuan. Jadi kalian harus menggabungkan beberapa sisi agar terbentuk suatu sudut (tersambung) baru deh kakek bisa jalan.

Konsep puzzle yang benar-benar fresh dan unik tetapi hal tersebut tidak bisa menghilangkan rasa bosan saya bermain game ini, walaupun di setiap level ada berbagai hal baru dan rintangan baru, tetapi semua itu tidak menambah warna pada game ini. Jadi setiap saya bermain game ini terkesan ingin cepat-cepat menyelesaikan level agar mengetahui cerita selanjutnya. Jujur saja game ini lebih menarik di bagian storynya dibandingkan gameplaynya.

Puzzle yang gampang dan tingkat stress yang sedikit saat bermain game ini, jadi kalian bisa melaluinya dengan mudah dan dapat fokus dengan cerita yang diberikan, tetapi jangan beli game ini kalai kalian sangat benci dengan game puzzle! Jadi kalian bisa menyelesaikan game ini dengan waktu 90 Menit saja, dan itulah inti dari semua game ini, tidak sengaja dipanjang-panjangkan.

My Experience


Setelah menyelesaikan dan menikmati game ini,saya tidak menemukan masalah pada grafik dan performancenya, sangat cocok buat kalian yang low end pc seperti saya. Semua story, sound effect, music dan puzzle bisa saya nikmati dengan lahap, walaupun dari segi gameplay sangat repetitif dan membosankan, faktanya game ini lebih tertuju kepada plot cerita yang disajikan, jadi developer mempermudah puzzle pada game ini supaya kalian bisa fokus pada jalan ceritanya.

Ya bisa dibilang game ini jauh dari ekspektasi saya, terpikirkan kalau game ini menitik beratkan pada puzzle dan teka-teki yang rumit, ternyata game ini lebih condong ke story dan pemahaman kalian terhadap alur cerita yang disajikan secara visual-naratif. 

Conclusion



Game dengan harga Rp 70.000 (PC) sangatlah worth it bagi saya dengan story, graphic dan playing time 90 menit yang bisa kalian dapatkan di game ini.

+ Game ini cocok buat kalian yang suka dengan game berbau puzzle, story dan playing time yang to the point dan singkat [tanpa adanya basa-basi (DIALOG QUEST dll) yang sengaja dipanjang-panjangkan]

- Game ini tidak cocok buat kalian yang ingin play time yang panjang, SANGAT BENCI PUZZLE , tidak suka story yang menitikan pada pemahaman dan visual-naratif 

Komentar

Postingan Populer