Cara membuat ladang pertanian Gandum di Minecraft Survival Indonesia

Haloo Crafter!


Ok guys kali ini saya akan memberikan tips trick cara menanam GANDUM di Minecraft Survival Indonesia.

Ok sebelum ke tips trick, kamu harus tahu apa sih kegunaan gandum ? gandum bisa diolah menjadi roti dan juga bisa digunakan untuk makanan ternak seperti (domba, sapi)


Tips trick menanam gandum 


Ada cangkul, ember
Harus ada cahaya, dan air
Harus ada bibit 




Kamu bisa membuat cangkul bebas (bisa dari wood, stone, iron, gold ataupun diamond) lalu buatlah ember polanya seperti gambar dibawah (buatnya menggunakan iron iggot)


Ok sebelum bertani kamu harus mempersiapkan alat-alat yang dibutuhkan seperti Cangkul, Ember (untuk memindahkan air) resepnya bisa kamu lihat digambar diatas.


Bibit Gandum bisa kamu dapatkan di tanaman (rumput liar sekitaran map) kamu break sampai hancur nanti bibitnya drop sendiri, bibit gandum juga bisa dijadikan pakan ayam lohhh!!

Simpan bibitnya untuk ditanam nanti


Nah kalau sudah kamu tinggal mencari tempat yang pas aja (saran saya cari tempat yang luas dan datar)

Sebelum menanam bibit, buatlah sumber mata air dulu seperti gambar diatas! nah baru deh buat kotak 9x9 (kotak 9x9 ini cukup dengan 1 petak air) sebelum menabur benihnya (klik Kanan) kamu harus mencangkul dulu tanahnya terlebih dahulu menggunakan cangkul (klik kanan)

Jika kamu ingin memperluas ladang gandummu maka ulangi tips trick diatas (jangan lupa dengan airnya karena gandum tanpa air atau cahaya maka dia akan mati!

Note : jika ladangmu kurang pencahayaan kamu bisa menggunakan Torch sebagai cahaya buatan agar gandum cepat tumbuh!


Jika kamu ingin gandummu tumbuh dengan cepat kamu membutuhkan pupuk (bone meal) bone meal ini bisa kamu dapatkan dengan cara mendapatkan BONE dari para zombie (archer tengkorak) lalu craft bonenya dan jadilah bone meal

Bone meal adalah pupuk versi minecraft dimana kegunaannya mempercepat pertumbuhan semua tunbuhan yang ada di minecraft!

cara penggunaanya cukup simple tinggal klik kanan ke tumbuhan dan taraaaaa gandum akan tumbuh dengan subur dan cepat!


Ok sudah jadi ladang kita! diatas adalah contoh kecilnya cara membuat ladang gandum, kalau kamu merasa kurang puas kamu bisa membuat ladang gandum seperti gambar dibawah ini! gimana menurutmu ? untuk tutorial dan penjelasan lebih lengkap bisa nonton my youtube channel dibawah ini!





Ok sekian dan terimakasih jangan lupa share, like and subscribe my youtube channel :)

Komentar

Postingan Populer