Review Game Into The Dead - Sensasi Berlari ditemani Ribuan Zombie


Into The Dead - adalah game bertemakan escape dari zombie, game ini menggabungkan 3 genre yaitu action, endless running dan shooting.

Tidak seperti game endless running yang biasanya, di game ini kalian dituntut untuk menghindari kereta (subway surf), Tumbuhan (rayman) dan objek lainnya sebagai penghalang/rintangan.

Tetapi di game Into The Dead ini berhasil memberikan experience baru yaitu sensasi menghindari ribuan zombie yang ada di depan mata kalian ditambah lagi pepohonan, ladang jagung, kunang-kunang, rumput ilalang dan kabut yang menambah kesan Spooky pada game ini.


Developer : PIKPOK
Genre : Action, Endless Running, Shooting, Horror
Theme : Horror, Running
Platform : IOS, Android
Size : 120 Mb
Price : Free

WARNA DOMINAN GELAP DAN DIHIASI KABUT MENAMBAH SENSASI HORROR DALAM GAME INI


Jangan tanya soal Graphic yang benar-benar amanjing, ditambah lagi beberapa aspek yang membuat game ini makin creepy dan seolah membawa kalian ikut berlari di game tersebut.

Aspek yang mendukung ke-Creepy-an di game ini, yaitu animasi rumput ilalang yang bergoyang, kunang-kunang yang menyala di tengah kegelapan, embun dan kabut yang menghiasi sepanjang jalan seolah menutupi jarak pandangan mata kita, hutan dengan pepohon yang tinggi, dan ladang jagung yang lebat menggangu penglihatan kita serta menambah adrenalin para pemainnya.

Animasi yang sangat smooth apalagi kalian bermain game ini diatas 60 fps, hmmmm maka akan menambah sensasi bermain kalian selain itu Developer memberikan Graphic setting Low or High, jadi bisa disesuaikan dengan spek Android kalian supaya bisa bermain dengan lancar.



Untuk menambah kesan greget dan creepy di game ini, Developer PIKPOK mengupdate mode baru yaitu Flashlight, jadi suasana benar-benar gelap tidak ada lagi cahaya bulan, yang kamu pakai sebagai penerangan adalah satu senter dengan vision range yang sangat sempit, jadi lebih menambah kesan CREEPY dan EXPERT.

Tetapi untuk unlock mode Flash Light kamu harus menyelesaikan 20 Bundle, setiap Bundle terdiri dari 3 missions yang harus kamu selesaikan.

Jujur first impresion saya bermain game ini PUCK Hell yeahhh sontak membuat saya tegang dan teriak-teriak gak jelas ''bukan kaget tapi seru banget berlari sambil menghindari zombie'' apalagi kalau jarak/score kalian sudah jauh/tinggi ... mmmm mantappp, itu zombie sudah kayak ibu-ibu arisan (banyak banget)

SOUND YANG BURUK DAN MONOTON BERHASIL MENGURANGI KESAN HORROR DALAM GAME INI


Seharusnya developer benar-benar memperhatikan kualitas sound effect dalam gamenya agar menambah kesan horror pada gamenya....

Walaupun Graphic yang oke tetapi apa gunanya Graphic yang  horror tetapi eksekusi soal sound yang kurang mantap alias suara zombie yang lucu dan gak ada seram-seramnya sama sekali jadi dapat menghilangkan kesan creepy dalam game ini, ditambah lagi suaranya yang monoton alias gitu-gitu aja, menambah rasa boring pada para pemainnya.

Sepanjang jalan kamu hanya mendengar suara nafas karakter kalian, hentakan kaki, dan suara zombie yang gak ada seramnya sama sekali (suaranya lucu) jadi experience dan suasana saat bermain game ini jadi biasa saja dari audio effectnya!

Belum lagi suara Gun effect yang monoton mampu menambah rasa boring saat bermain game ini, malah tidak ada bedanya kalau kalian dengar suaranya itu mirip petasan, senjata pistol - shoutgun - minigun - sniper semua suaranya sama dan cukup membosankan. walaupun ada sound effect yang paling saya suka yaitu disaat gergaji mesin memotong tubuh zombie. 

Karena suara gun yang rada-rada mirip jadi menghilangkan Keunikan dan citra setiap senjata tersebut, seharusnya suara sniper yang keras dan bergema bukan audionya seperti petasan. Suara shoutgun yang seharusnya sangar ditambah lagi suara kokangnya, suara granat yang kurang BOOM dan saat granat meledak tidak ada effect bekas granat di tanah.

Saran saya kenapa tidak menambah sound effect seperti suara gemuruh, hembusan angin, burung hantu, suara pijakan pada rumput dan sound partikel yang ada pada game. Berbicara tentang Sound effect memang game ini memiliki banyak kekurangan dalam hal sound effect baik di zombie, sound effect setiap partikelnya dan sound effect pada setiap senjatanya, yang gagal membawa para pemainnya kedalam suasana game yang creepy. 

Memang kita tidak bisa berharap banyak dalam game ini apalagi soal sound effect, jadi sabar aja dan nikmatin apa adanya, namanya juga game gartis heheh :3 mudahan developer baca review ini dan sound effect bisa di upgrade lebih creepy lagi.

BERLARI SEJAUH MUNGKIN, AKU TERSESAT DAN TAK TAU ARAH JALAN PULANG


Yaaa namanya juga game Endless Running, kalian gak bisa berharap banyak tentang masalah gameplaynya. Ya Gameplaynya yang mirip dengan audionya (sama-sama monoton) 

Karena tempatnya yang gitu-gitu aja jadi feel kesan creepynya semakin lama semakin hilang. Ya seperti biasa kita star game > berlari > Melompati pagar > melewati ladang jagung > melewati hutan seram > balik lagi terus dan terus.

Kadang saya sengaja menyenggol pepohonan atau zombie untuk mendapatkan sensasi berlari yang goyang kiri-kanan (seperti orang mabuk ahahha) Apalagi dengan Control TILT ''ntar di bahas dibawah...''

Kalian juga bisa membunuh zombie dengan senjata yang bisa kamu ambil dari box hijau di game 
(semakin tinggi level kalian maka semakin banyak senjata yang bisa kalian coba), inilah faktor yang membuat saya Tahan leveling up di game ini, supaya bisa mencoba Senjata yang beragam dan unik ex (crossbow, Grenade Launcher, Pistol Twins, Gergaji :v etc) yang gak bisa kalian rasakan di game endless running maupun shooter ''maybe'' (walaupun audio effect gun yang monoton) 


PILIHLAH CONTROL SESUAI PLAYSTYLE KALIAN AND ENJOY THE JOURNEY


 Kelebihan dari game ini adalah controlnya yang bisa di setting sesuai dengan playstyle kalian masing-masing. Menurut saya control yang paling berkesan dan mampu memberikan sensasi yang AMANJING adalah Control TILT 

TILT ''control yang cukup buat deg-deg ser dan teriak kegirangan apalagi kalau zombienya banyak'' faktanya saya tidak bisa moveon dari control yang satu ini because gregetnya itu dapet... karena butuh perhitungan dan keseimbangan saat kalian menggunakan control ini ''metode/cara kerjanya mirip seperti setir mobil'' dan untuk menembak kalian bisa klik layar di tengah!

TOUCH adalah control yang memberikan rasa yang biasa saja dan gak ada greget-gregetnya sama sekali. Cara kerjanya mirip seperti joystick Playstation . Soo control lebih worth buat lo yang ngejar high score ''kuantitas'' tanpa mempedulikan sensasi yang diberikan pada game ini ''kualitas'' 

THUMBSTICK adalah kontrol ini cocok buat lo yang terbiasa dengan control seperti joystick (gerakin karakter kalian seperti menggerakan dengan analog) ya sama first impression saat memakai control ini adalah ''ngebosenin and ez to highscore'' 

THUMBSTICK MIRRORED yaa control yang sama seperti thumbstick tetapi bedanya cuman dibalik, sepertinya control ini dibuat untuk gamers yang KIDAL ''maybe'', saya benar - benar salut dengan Developer Pikpok yang sangat memperhatikan kenyamanan usernya (good job bro) 

Jadi kalian para gamers bisa menggunakan control sesuai dengan playstyle kalian, Control mana yang lebih nyaman ? bisa kalian jawab di kolom komentar ya ^_^

SELESAIKAN SEMUA MISSIONS UNTUK MENDAPATKAN FITUR YANG SELANJUTNYA


Suka gak suka, mau gak mau kalian dituntut untuk menyelesaikan semua misi sebanyak mungkin, semakin banyak misi yang kalian selesaikan maka semakin banyak Konten yang kalian dapatkan, ya seperti (unlock mode, senjata, costume dll) yaa game ini sangat disiplin banget dimana (kewajibannya) telah dilakukan maka disitu gamers akan mendapatkan (haknya) 

Ya memang ini kerasnya game ini, kurang memberi kebebasan untuk mencoba senjata yang baru, jadi tujuan kalian menyelesaikan misi adalah untuk meng-unlock senjata dan mode selanjutnya. 

Belum lagi Misi yang gitu-gitu aja, palingan misi cuman (kill zombie (pistol, shoutgun etc), glance zombie, running sesuai target, Jump, Glance tree, goto Ladang jagung :v) dll ya karena gameplaynya yang terbatas tentu akan berpengarah pada misinya yang terbatas juga (jadinya kurang variatif hehe)

Strategi dari game ini bener-bener smart banget, why ? because untuk mendapatkan semua konten secara full, kalian dituntut menyelesaikan misi walaupun misinya yang boring tetapi semua akan terbayar ketika kalian bisa merasakan semua konten yang telah disediakan developer.. 

....Jadi kalian tidak akan merasa bosan bermain game ini....... sampai semua mode, weapon dan costume keunlock semua.. sama seperti saya ketika bermain game ini tidak pernah berhenti sampai saya mendapatkan kepuasan/klimaks pada game ini, yaitu mencoba semua senjata yang ada pada game into the dead!

OK fitur/konten apa saja yang bisa kalian nikmati di game ini, yuk cek dibawah ini


MODE YANG BERVARIASI MENAMBAH HASRAT PARA GAMERS UNTUK MENCOBANYA



Pikpok memberikan para playernya 4 mode yang berbeda setiap mode memiliki difficult dan keunikan masing-masing, jadi 4 mode ini benar-benar fresh bgt :v kalau kalian bosen main yang classic bisa pindah ke mode lainnya seperti massacre, hardcore, flashlight.

Classic : Di mode ini kalian bisa menikmati semua senjata yang telah kalian dapatkan, selain itu di mode ini kalian di tuntut untuk mencapai score sejauh mungkin.

Massacre : Di mode ini kalian di tuntut untuk membunuh zombie sebanyak mungkin, biasanya di mode ini senjata lebih melimpah ruah.

Hardcore : Evolusi mode dari yang classic menjadi hardcore, mode ini lebih sulit karena zombie yang lebih banyak dan kalian dikekang menggunakan semua senjata. jadi ada 3 pilihan senjata yang bisa kalian gunakan di mode hardcore ini.

Flashlight : Mode yang extreme banget, karena vision kalian dibatasi oleh gelapnya malam, jadi kalian hanya bisa melihat zombie dengan senter kalian, jadi siap-siap rasakan pengalaman yang baru.


#edisicurhat.....
.......
Sebenarnya saya bermain game ini bukan mencari score siapa yang tertinggi tetapi untuk menyelesaikan semua misi yang ada, agar dapat merasakan sensasi di mode berikutnya. 
Mungkin kalian pasti akan merasakan hal yang sama saat bermain game ini. Pengennya cepat-cepat menyelesaikan misi hahahah.

FITUR BOOST ATAU PERK YANG CUKUP MEMBANTUMU DALAM MENYELESAIKAN MISI



Misi yang semakin lama-semakin susah akan membuatmu kewalahan menyelesaikannya jadi developer memberikan Perk/boost untuk mempermudah kamu dalam menyelesaikan misi, tetapi... untuk mengaktifkan perk ini kamu dikenakan biaya 100g/Perk jadi gunakan perk sebaik mungkin dan sesuai kebutuhan kalian. misalkan...

.....Perk yang paling berguna untuk mencapai high score adalah HEAD START(2) 

Perk digunakan untuk mendapatkan Kill sebanyak mungkin adalah AMMO BOOST(3) MORE CHEATS(4) dan COMPANION(5) yang bisa membantumu mendapatkan kill sebanyak mungkin tetapi saran saya gunakan 1 perk saja, kalau kebanyakan ntar uang kamu bisa minus dan tidak ada gold buat upgrade dan beli senjata! lebih baik gunakan ammo boost lebih bermanfaat!

UNTUK MENDAPATKAN SENJATA RARE KAMU PERLU INVESTASI LEBIH BANYAK LAGI xD




Walaupun Senjata yang diberikan banyak variasi, tetapi untuk mendapatkan senjata tersebut kamu perlu meraug uang minimal 50.000 untuk menikmati setiap senjata, tapi tenang buat kamu yang gak mau keluarin duit buat senjata bodoh ini, kamu tetap bisa menikmatinya secara gratis karena setiap hari developer memberikan free trial senjata exclusive jadi kamu bisa menikmatinya walaupun sebentar saja.

Weaponnya sangat beragam ada : Crossbow , Grenade Launcher, Cartel Twins, Chainsaw, X4 Concrete Cutter, m300 Combat Shoutgun, TZR 44 Revolver, BL-68 submachine gunMW-30 Grenade dan senjata exclusive lainnya

untuk kisaran harga senjata minimal-maximal : 59.000,00 - 199.000,00



Selain itu kalau kamu bosan melihat tampilan senjata yang gitu-gitu aja kamu bisa mengubah tampilan senjatamu dengan cara membeli rare set (yang limited edition) setiap minggu set selalu diganti dan kamu bisa membelinya dengan uang asli atau gold yang kamu kumpulkan dari game


Memiliki senjata yang keren adalah impian, game ini juga menyediakan fitur upgrade tetapi khusus fitur upgrade ini hanya bisa dengan uang asli, jadi kalian tidak bisa mengupgrade senjata dengan gold di game. 

Harga upgrade yang sangat mahal bahkan hampir sama dengan harga game xD saya anggap harga dan konten yang diberikan tidak sesuai, mendingan kalian tabung uangnya untuk beli game berbayar deh ahahhah, tetapi itu semua terserah kalian.

Wajar kontennya yang dominan berbayar semua karena game ini adalah game gratis ahah :) jadi kalau kalian mau ngesupport developer ini, kalian bisa beli beberapa konten yang berbayar seperti senjata, costume dll.

IAP Gold yang kurang Bermanfaat bagi para Gamers


IAP yang bisa kamu tukarkan uang aslimu menjadi gold di game into the dead, fungsi gold sangatlah sedikit karena senjata yang bisa dibeli dengan gold sangat seidkit cuman 5 atau 6 ehhehe (mungkin masih proses upgrade) jadi kalau ingin membeli gold sepertinya kurang bermainfaat ujung-ujungnya gold kamu pakai untuk skip misimu, beli senjata, costume dll. 

Kalau kamu ingin mendapatkan Gold secara gratis kamu bisa mengikuti persyaratan dengan menginstall aplikasi/game yang sudah tertera dan menyelesaikan beberapa kebijakan seperti (bermain game ini samapai 20 menit/hari selama seminggu) (bermain game ini sampai mencapai level 10) baru kalian akan mendapatkan Gold sebagai penghargaan karena telah berpartisipasi.

Jadi IAP Gold kurang bermanfaat, mendingan kalian habiskan uangnya untuk upgrade senjata atau beli senjata limited (yang exclusive) menurut saya lebih bermanfaat!


Performance yang lancar,,,.............. tetapi kadang Stuck di Loading  awal Permainan

Entah ini bug atau bagaimana, padahal saya bermain game ini di perangkat yang terbilang cukup mendukung menjalankan game ini tetapi kadang game ini stuck saat di loading awal, bahkan sempat terjadi 4x bahkan lebih tetapi tidak terjadi force close.....

.......hal serupa juga terjadi di Iphone teman saya dan Xiaomi milik teman saya dan ada bukti juga keluhan dari beberapa user yang saya lihat di kolom komentar. 

...,..,..,,,Tetapi anehnya saat bermain game ini saya berhasil menikmatinya dengan lancar diatas 60 fps. Jadi ini letak masalahnya ada di gamenya atau memang karena faktor Hardware/perangkat hmmmm masih menjadi misteri! 

Jika kalian mengalami hal serupa bisa komentar dibawah!

Buat kalian yang masih laggy bermain game ini akdang macet-macetan, pihak developer sudah menyediakan Graphic Setting yang bisa disesuaikan diperangkan kalian, jadi bisa di setting Low atau High sesuai dengan performance HP kalian masing-masing. 


OVERALL AND CONCLUSION

Kesimpulan dari game ini : sangat baik dari segi performance yang lancar tapi kadang stuck di beberapa loading, graphic dan atmosfer yang mampu membangun kesan creepy pada game, tetapi sound yang berperan gagal membangun kesan creepy dan sound gun effect yang monoton terkesan abal-abalan, tetapi kekurangan tersebut ditutupi oleh fitur, mode dan gameplay yang benar-benar unik fresh seolah mampu memberikan pengalaman baru bagi setiap penikmantnya THX Developer PIKPOK.

Jadi wajibkah saya download game ini ? 
Jawabannya.................
.......,.,.,.,.,.,,.
......................wajib kalau kalian ingin menikmati Endless running yang sedikit berbeda dan ditambah fitur senjata yang unik. Game ini tidak cocok buat kalian yang ingin mendapatkan konten/senjata secara gratis (walaupun tidak semua senjata berbayar) tetapi rata-rata senjata semua berbayar! 

SCORE tidak diberlakukan karena saya tidak mau menilai game dari segi kuantitatif (karena memberikan score dalam sebuah game itu sangat susah dan membingungkan ditambah lagi banyak aspek yang harus dinilai) jadi saya lebih menilai game dari segi kualitas dan pengalaman apa yang kita dapat saat bermain game tersebut!

NILAINYA DAN DOWNLOAD MENDING LIHAT DI PLAYSTORE 

PROS (+)
  1. Fitur dan konten yang banyak, bisa kalian nikmati di game ini
  2. Gameplay endless running yang unik
  3. IT'S Freee 
  4. Grafik yang mendukung dan size yang tidak terlalu besar!
  5. OFFLINE GAME! kalau online palingan untuk (membeli item secara IAP)
  6. Control yang User Friendly
CONS (-)
  1. Sound yang masih buruk baik dari zombienya (lucu), suara setiap partikel yang kurang mendukung dan suara gun effect yang monoton alias rada mirip-mirip (jadi tidak ada keunikan disetiap suara senjata)
  2. Performance yang kadang-kadang stuck di loading awal Permainan
  3. Hati-hati main saat online ada iklan B*GO bahaya ntar diliat EMAK :V

CLOSING

Ok sekian dulu review game Into The Dead dari saya semoga review ini bermanfaat, kalau ada kesalahan bisa komentar dibawah,atau mau diskusi, tambahan, kritik dan saran sangat berarti buat kemajuan kualitas konten di website kami! 

Komentar

  1. Bang kontrol game into the dead di hp gua kontrol nya mkek stik bang,apa alasan nya bang

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan Populer