Review Game Fallout Shelter - Seni bertahan Hidup di Akhir Dunia


Fallout Shelter adalah Game dengan genre Simulation yang di develop Oleh Bethesda, game ini adalah serial Franchise game Fallout yang ternama. Game Fallout Shelter mengambil setting waktu pada abad ke-22 menceritakan tentang Post-Apocalypse ''kiamat kecil'' (Bom Nuklir, Serangan Alien, bencana, kesalahan teknologi dan wabah penyakit)

Jadi tujuan di game ini membangun sebuah kehidupan baru dan peradaban yang lebih maju dengan memanfaatkan teknologi dan banker yang berada di bawah tanah, game fallout ini memang memberikan pengalaman yang baru bagi kalian pecinta seri fallout, walaupun seri sebelumnya yang lebih ke genre shooting.

...Jadi bisa disimpulkan kalau Bethesda ingin keluar dari comfort zone dengan cara membuat terobosan baru dalam seri fallout.

Membangun Peradapan yang Hampir Musnah.


Di game ini kalian yang memberi perintah dan memanage para penduduk untuk terus bekerjasama membangun kehidupan yang hampir punah akibat Post-Apocalypse, di awal permainan kamu akan mendapatkan beberapa tutorial dan dweller, sebagai modal awal dalam game ini, jadi simak dengan baik.

Kewajibanmu adalah menyediakan fasilitas penunjang kehidupan dwellermu, dan pastikan kebahagian dweller kamu tidak berkurang. Karena kebahagian memengaruhi produktifitas dweller so pastikan mereka bekerja di Vault yang tepat.

Untuk membangun sebuah vault kalian tidak membutuhkan material apapaun, jadi kalian hanya mengeluarkan CAPS (uang dalam fallout shelter) CAPS bisa kalian dapat dari hasil produksi Vault, kill monster, Quest dan Level UP.

Pekerjaan Yang Tepat Akan Menambah Nilai Produktivitas


SPECIAL, adalah Stat yang mengukur keahlian dweller pada bidang tertentu, jadi semakin tinggi statnya maka semakin bahagia dan senang dweller bekerja yang berbau hal tersebut.

Strength : Ahli dalam bidang Elektro
Perpection : Manage Water
Endurace : Penyimpanan Barang
Charisma : Memikat Lawan Jenis
Intelligence : Ahli Medis
Agility : Pangan/makanan
Luck : Seni Bela Diri

Layaknya manusia dweller juga memiliki Passion dan Skill masing-masing jadi setiap dweller memiliki SPECIAL yang berbeda, tugasmu sebagai manajer harus pintar me-manage dweller agar bekerja di VAULT yang tepat, apabila dweller bekerja tidak sesuai Passion maka kebahagiannya berkurang dan tingkat Produktivitas semakin menurun.

Untuk mempertahankan Produktivitas dan kebahagian dweller kamu harus menyediakan 3 kebutuhan pokok, yaitu Listrik, Makanan dan Air, jika salah satu unsur tidak terpenuhi maka akan terjadi Krisis seperti kelaparan, menurunnya produktivitas, Mati listrik bahkan sampai kematian pada dweller.

Pertahanan dan Obat-obatan sangat Penting untuk Kelangsungan Hidup


Kebutuhan Primer saja tidak cukup untuk kelangsungan hidup pendudukmu jadi kamu membutuhkan pasukan yang terlatih untuk menjaga Vault kalian dari serangan mahluk asing dan bandit.

Yupzz perlengkapan perang adalah jawabannya, karena dweller yang ahli dalam industri saja tidak cukup dalam hal survival ini, jadi pastikan kalian memproduksi armor dan senjata untuk dikenakan di dweller kalian supaya bisa melindungi vault dari berbagai ancaman.

Sebelum kamu crafting weapon/armor kamu harus mempunyai gudang persenjataan, tempat produksi dan yang paling penting adalah bahan crafting, kamu bisa mendapatkan bahan craft dari drop musuh, dan bisa juga dari fitur Quest (mengirim dweller ke Waste Land)

Kontrol Populasi Pendudukmu Agar Tidak Meledak


Semakin banyak dweller kamu maka semakin banyak pula kebutuhan yang harus kamu sediakan, jadi jangan menganggap enteng hal ini. Dweller adalah aset yang paling berharga dalam game ini, because mereka yang menjalankan industri dan teknologi yang kamu buat. 

Dweller bisa kamu dapatkan dengan 2 cara yang pertama dengan hubungan intim dan kedua dengan cara membangun studio radio,barfungsi untuk mengirim sinyal ke dweller yang masih bertahan di wasteland. 

Sebelum menambah jumlah penduduk pastikan dulu kalau Industri/pabrik sudah banyak dan butuh pekerja, kebutuhan di vault serba kelebihan dan Pastikan setiap Dweller diberi senjata, karena jujur semakin tinggi jumlah penduduk kalian maka semakin kuat monster yang menyerang vault kalian, jadi benar-benar harus dipertimbangkan secara matang sebelum menambah jumlah dweller.

Kuantitas Harus Seimbang dengan Kualitas


Jumlah penduduk banyak itu wajar tapi kalau Stat dan kualitas pendudukmu rendah itu tidak wajar, jadi begini logikanya......

Penduduk banyak otomatis kebutuhan yang lain meningkat, difficult meningkat dan belum lagi ditambah bencana dan human error yang lain. Sedangkan pendudukmu tidak memiliki skill yang memadai alias stat yang rendah dibawah 5 akan menyebabkan krisis yang extreme dan berkepanjangan karena produksi tidak sesuai dengan konsumsi. 

Jadi jangan malu untuk berinvestasi membuat beberapa tempat pelatihan dweller kamu, agar statnya meningkat sampai max 10, jadi produksi semakin tinggi dan segala kebutuhan terpenuhi. Jadi kamu tidak perlu max-in semua stat dweller cukup satu stat saja sesuai kebutuhan dan minat dweller.

Stat ini berguna untuk memecahkan masalah yang ada di setiap industri yang mereka jalani, ada beberapa masalah yang timbul seperti Kebakaran, Mati listrik, Serangan dadakan dll. 

Graphic 2.5d yang cukup menawan 


Soal graphic game ini memiliki graphic yang benar-benar menawan, walaupun terlihat simple tetapi terkesan elegant dengan graphic 2.5d, kalian bisa memantau dweller yang sedang melakukan aktifitas seperti (latihan, kawin, bekerja dll apalagi dengan senyum bahagianya ahahahah)

Jadi saat kalian melihat dweller dari jarak jauh (zoom out) maka akan terlihat 2D tetapi ketika melihat di jarak dekat (zoom in) maka akan berubah menjadi 3D.

Audio effect yang kurang menarik dan membosankan, game fallout ini memiliki backsound yang memiliki kesan mendalam, hanya bunyi angin dan kesunyian yang menandakan, dunia yang hampa tidak ada kehidupan. Tetapi hal ini akan berpengaruh pada para pemainnya, game tanpa backsound seperti taman tidak berbunga, bosenin banget.

Belum lagi Audio gun effect yang kurang pas dan memuaskan, walaupun ada banyak variasi senjata tetapi audio gun effect banyak yang sama, dan itu bosenin banget, tetapi sound effect setiap vault memiliki unique tersendiri, ada yang mencerminkan pada zaman modern ada juga lagu-lagu klasik... biasanya lagu klasik ini ada di room bertipe C (charisma)




Tonton juga reviewnya yaaa :) dan jangan lupa subscribe

Performance 

Performance yang cukup baik, di awal game kalian masih bisa smooth memainkan game ini tetapi ketika vault yang kalian kelola banyak dan dweller sudah 100+ maka game ini terasa agak sedikit laggy apalagi low pc ataupun kalian main di android lagnya terasa banget. Sepertinya masalah performance game ini belum bisa memperbaikinya. 


Overall and Conclusion

Kesimpulan dari game ini sangat baik dari segi konten yang disediakan sangat bermacam baik itu armor, weapon dan dweller yang memiliki keunikand an kelebihan sendiri, dan juga ada beberapa item rare yang bisa kamu dapatkan, tetapi dari segi gameplay world building yang terasa monoton apalagi dimainkan dalam waktu yang lama. Jadi game cocok buat kalian yang ingin ngerasain sensasi baru dari seri fallout sebelumnya, dan juga buat kalian pecinta game real-time world building.


Closing 

Sekian dan terimakasih semoga review ini bermanfaat, kalau ada kritik, saran dan tambahan bisa komentar dibawah :)

Komentar

Postingan Populer